Tuesday, December 21, 2010

Mangkuk Cantik,Madu dan Sehelai Rambut...


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Rasullullah SAW,dengan sahabat-sahabatnya Abu bakar r.a,Umar r.a,Utsman r.a,dan Ali r.a,bertamu kerumah ali r.a,....
Di rumah ali r.a.,istrinya sayidatina fatimah r.ha.,putri Rasullullah saw menghidangkan utk mereka madu yg di letakkan dlm sebuah mangkuk yg cantik,dan ketika semangkuk madu itu di hidangkan sehelai rambut terikut di dalam mangkuk itu.
Baginda Rasullullah SAW,kemudian meminta kesemua sahabatnya utk membuat suatu perbandingan terhadap ketiga benda tersebut(mangkuk yg cantik,madu dan sehelai rambut)
Abubakar r.a.berkata,''iman itu lebih cantik dari mangkuk yg cantik ini,orang yg beriman itu lebih manis dari madu dan pertahankan iman itu lebih susah dari meniti sehelai rambut.''
Umar r.a.berkata,''kerajaan itu lebih cantik dari mangkuk yg cantik ini,seorang raja itu lebih manis dari madu,dan memerintah dengan adil itu lebih sulit dari meniti sehelai rambut.
Utsman r.a.berkata,''ilmu itu lebih cantik dari mangkuk yg cantik ini,orang yg menuntut ilmu yg di miliki itu lebih manis dari madu,dan beramal dengan ilmu yg di miliki itu lebih sulit dari meniti sehelai rambut.
Fatimah r.a.berkata,''seorang wanita itu lebih cantik dari sebuah mangkuk yg cantik ,wanita yg ber-purdah itu lebih manis dari madu,dan mendapatkan seorang wanita yg tak pernah di lihat orang lain kecuali muhrimnya lebih sulit dari meniti sehelai rambut.
Rasullullah SAW berkata,''seorang yg mendapatkan taufiq utk beramal adalah lebih cantik dari mangkuk yg cantik ini,beramal dengan amal yg baek itu lebih manis dari madu,dan berbuat amal dengan ikhlas adalah lebih sulit dari meniti sehelai rambut.
Malaikat jibril AS berkata,''menegakkan pilar-pilar agama itu lebih cantik dari sebuah mangkuk yg cantik,menyerahkan diri.harta,dan waktu utk usaha agama lebih manis dari madu,dan memprtahankan usaha agama sampai akhir hayat lebih sulit dari meniti sehelai rambut....
Allah SWT berfirman,''sorga-KU itu lebih cantik dari mangkuk yg cantik itu,nikmat sorg-KU lebih manis dari madu,dan jalan menuju sorga-KU adalah lebih sulit dari meniti sehelai rambut....

Begitulah kalimat-kalimat indah yg di ucapkan sebagai pelajaran bagi umat

Semoga Bermanfa'at

Salam Ukhuwah Fillah

No comments:

Post a Comment